Future: Eksploitasi Teknologi Mutakhir Untuk Memenangkan Perang

Pasukan militer di masa depan akan memanfaatkan beragam teknologi mutakhir untuk mencapai tiga target penting. Pertama, memenangkan perang dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kedua, mencegah jatuhnya korban jiwa dan meminimalisir jumlah prajurit yang cedera. Ketiga, membantu prajurit menjalankan misi taktis dengan lebih efektif.

Teknologi tersebut bukan teknologi baru dan sudah lama dikembangkan, namun akan membantu para prajurit yang sedang berperang untuk mengembangkan, memperbaiki, dan meningkatkan kesadaran situasional tentang kondisi terkini medan perang, serta kekuatan dan kelemahan pasukan musuh. Teknologi yang tepat akan membantu mereka terhubung, aman, terkendali, kemampuan indera penglihatan dan indera pendengaran semakin membaik.

Pertama, Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menggunakan program kecerdasan buatan mutakhir bernama Army’s Aided Threat Recognition from Mobile Cooperative and Autonomous Sensors (ATR-MCAS). Mereka memasang sensor-sensor pada kendaraan otonom dan pesawat tanpa awak untuk melakukan navigasi, mengumpulkan dan mendistribusikan data target, hingga menafsirkan data. Kecerdasan buatan menganalisis rekaman video drone, mengidentifikasi benda-benda yang menarik perhatian sehingga mengurangi kebutuhan akan analis manusia. Data berharga tersebut membantu para komandan memprediksi kemungkinan serangan musuh selanjutnya, menyusun rekomendasi, dan mengambil keputusan yang tepat.

Kedua, pesawat tanpa awak dan kendaraan otonom digunakan untuk melakukan pengintaian untuk mendapatkan data-data mengenai pasukan musuh. Datanya langsung dikirim ke program ATR-MCAS secara real-time, kemudian diolah menjadi “gambaran besar” dari medan perang yang sangat penting untuk keberhasilan misi. Contohnya, seorang prajurit mengirimkan drone kecil untuk mengetahui apa yang terdapat di lantai tiga gedung milik musuh. Kegunaan lainnya adalah memantau kondisi fisik para prajurit dan melakukan serangan kilat ke wilayah musuh.

Ketiga, perangkat keras seluler yang khusus diciptakan untuk lingkungan ekstrem dilengkapi dengan aplikasi istimewa yang menyediakan data geospasial canggih, memfasilitasi informasi intelijen secara real-time yang mudah diunduh. Keunggulan lainnya adalah memberikan gambaran medan perang yang lebih baik dan dapat digunakan untuk merencanakan misi taktis.

© USCICT

Keempat, realitas berimbuh (augmented reality) dan realitas virtual (virtual reality) mampu menciptakan simulasi situasi dan lingkungan ekstrem yang mirip dengan lokasi pertempuran yang sebenarnya. One World Terrain (OWT) merupakan salah satu komponen kunci Lingkungan Pelatihan Sintetis Angkatan Darat Amerika Serikat yang menyediakan citra 3D (tiga dimensi) dari lingkungan operasi global. Para prajurit dapat melakukan beragam pelatihan skenario pertempuran di kehidupan nyata dengan bantuan simulasi virtual yang meniru beragam medan di planet ini mulai dari perkotaan, hutan tropis, pantai, gunung bersalju hingga padang pasir. Teknologi ini membantu para prajurit yang mengemban misi baru mempersiapkan diri lebih baik dan memasuki kesadaran situasional ke tingkat yang lebih tinggi. Contohnya, seorang prajurit yang melakukan simulasi lompatan parasut di gurun Sahara akan mempunyai pengetahuan mendalam tentang medan dan cuaca di lokasi tersebut. OWT bekerja sama dengan Sistem Augmentasi Visual Terpadu Angkatan Darat, yang mencakup headset HoloLens AR.

Kelima, jaringan nirkabel yang mumpuni sangat penting untuk mengirim data dalam jumlah banyak untuk diunduh dan dianalisis. Proses transisi dari jaringan nirkabel 4G ke 5G saat ini sedang berjalan. Teknologi 5G akan mempercepat aliran informasi berupa video dan foto-foto dari medan perang ke ruang komando, sehingga pengambilan keputusan yang akurat lebih cepat dan memudahkan pergerakan pasukan di lapangan.

© CNBC

Sumber:
White Paper: Battlefield Advantage: How Does Technology Boost Situational Awareness for Warfighters? (2020), halaman 1-6.

Foto: Unsplash/Jacob Owens

Published by

Agen Rahasia

Hobi menulis kisah intelijen. Writing intelligence stories as a hobby.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s